Konsultasi Syariah Amil Zakat Memaksa Orang Yang Tidak Berhak Menerima



女 *Amil Zakat Memaksa Orang Yang Tidak Berhak Menerima* 女
_Pertanyaan_
 Assalamu 'alaikum ustadz.
Mau tanya seputar zakat fitrah lagi ustadZ. Tepatnya soal pembagiannya.
Apabila pihak amil membaginya pada orang yg salah, namun amil tetap *sedikit memaksa* agar mau dtrima.  maksudnya bukan pada yg berhak, bagaimana hukumnya & bagaimana sikap seharusnya si penerima tersebut?
Karena ini terjadi di lingkungan saya. Untuk niatnya si penerima sebagai penyalur atau niat shodaqoh ya ustadz? Mohon ilmunya.
 Ditanyakan oleh Bapak *Fajar* (08564516YYYY) di Sidoarjo pada _22 Juni 2017_
_Pertanyaan_
Wa'alaikumussalam...
 Kita turut prihatim dengan banyaknya amil zakat yang ga mau ambil pusing, maunya dapat jatah zakat tapi kerjanya berprinsip 'harap maklum' sehingga asal menyalurkan zakat saja yang penting tuntas habis sehingga tidak khawatir kalau-kalau muzakki nengok. Padahal amil zakat bekerja asal-asalan dalam menyeleksi mustahiq. Dosa dua kali lho. Dosa tidak amanah kepada muzakki dan dosa tidak memberikan hak orang-orang yang memang berhak.
 Nyata lho, banyak orang miskin yang jalan kaki kemana2 jualan krupuk, cobek, koran, glansing, kipas bambu di kota-kota besar macam Surabaya, mereka tidak makan sampai berhari2 karena tidak ada yang beli dagangan mereka. Sementara amil zakat justru menyalurkan zakat kepada orang-orang yang berdandan miskin memelas, padahal punya tivi, sepeda ontel, smartphone keluaran 2015, laptop jadul bekas, blender, kulkas recondition, tapi bajunya sengaja dilusuhin, rambutnya sengaja ga disisir, ga pernah ke masjid. Ah, carut-marut.
 Kalau amil memaksa kepada orang yang tidak berhak, maka orang yang tidak berhak tersebut wajib memaksa amil agar memberikan kepada yang berhak. Tapi kata Pak Fajar amil SEDIKIT memaksa. Kalau cuma sedikit sih minta dicubit tuh amil.
轢 Kalau *diperkirakan* bisa berdampak buruk di kemudian hari, misalnya amil malah membenci, memusuhi, memfitnah, menghibah, maka orang yang tidak berhak tersebut boleh menerimanya tapi *segera lemparkan/salurkan* ke orang lain yang memang berhak, sebelum pagi hari shalat Idul Fithri. Niatnya adalah menyalurkan kepada yang berhak dan bukan niat shadaqah karena zakat tersebut bukan hak miliknya.
 Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman,
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا لاَتَأْكُلُوا أَمْوَالَكُم بَيْنَكُم بِالْبَاطِلِ
_“Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil……...”_ *[QS. An Nisa’: 29]*
 Jika memungkinkan, laporkan kezhaliman amil zakat tersebut kepada pemerintah pengelola zakat (BAZNAS) atau kepada LAZ (Lembaga Amil Zakat) tempat dia bekerja. Jika amil zakat tersebut terus-menerus berbuat zhalim dalam pengelolaan dana zakat, tidak mengapa mengghibahnya di hadapan publik agar publik tidak lagi menyalurkan zakat melalui amil yang zhalim tersebut.
 Dijawab oleh *H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.*
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
 Layangkan pertanyaan seputar agama Islam via *ustadzjibril@gmail.com* dengan menyebutkan nama dan kota asal.
 Bergabunglah di grup whatsapp Islamia dengan mendaftarkan nama dan kota asal ke whatsapp *082140888638*
 Kunjungi *quantumfiqih.blogspot.com* buat ngaji lebih banyak.
 Join bisnis dan pelatihan makanan ringan krupuk kedelai, nugget sayur ikan  laut, bakso  ikan, dan lain-lain di *sbycorporation.wordpress.com*
 Desain dan cetak majalah, buku, kitab & leaflet klik *desainmajalahislami.blogspot.com*
 Ingin berdonasi komputer bekas dan dana tunai salurkan melalui *komunitasmushalla.blogspot.com*
 Pasang iklan atau cari info sekolah Islam unggulan di *islamicboardingschool.wordpress.com*


Related

Ibadah 2097551276094769187

Posting Komentar

Komentar Anda sangat berharga bagi kami. Jika Anda mendukung gerakan kami, sampaikan dengan penuh motivasi. Jangan lupa, doakan kami agar istiqamah beramal dan berdakwah. Klik juga www.quantumfiqih.com dan goldenmanners.blogspot.co.id

emo-but-icon

Hot in week

Random Post

Cari Blog Ini

Translate

Total Tayangan Halaman

Our Visitors

Flag Counter

Brilly Quote 1

Brilly Quote 2

Brilly Quote 3

item