Doa Sukses Kuliah






Oleh H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.

Apa pentingnya doa buat kelancaran kuliah kita? Kuliah ya kuliah aja. Tidak ada hubungannya sama doa. Ga usah pake doa, kalau anaknya pinter pasti bakalan berhasil kuliahnya, kalau anaknya bodoh ya bodoh aja.
Astaghfirullah, sombong sekali kalau kita sampai berpikiran seperti itu. Coba kita pikir dalam-dalam, sejujurnya, percaya atau tidak, kita bisa sukses kuliah itu bukan hanya faktor kejeniusan diri kita, tapi banyak sekali faktor yang menyebabkan kita sukses, tidak hanya dalam urusan kuliah. Entah itu faktor kesehatan, keuangan, bantuan dari orang sekitar khususnya teman-teman sekelas, keamanan kampus, kemudahan yang diberikan dosen, ketersediaan media dan lain sebagainya. Dari semua faktor penentu keberhasilan kuliah kita, ada satu faktor yang sangat tak terelakkan kehebatannya yaitu pertolongan dari Allah Ta’ala.

Ah, apa iya?


Eits, kita tidak boleh ragu. Kita mesti yakin bahwa faktor pertolongan Allah adalah satu-satunya faktor mendasar dan penentu dari segala faktor. Siapa yang membuat kita sehat? Siapa yang membuat kita punya duit? Siapa yang membuat orang-orang membantu kita? Siapa yang menciptakan keamanan kampus? Siapa yang menggerakkan dosen agar memberikan kemudahan? Siapa yang menentukan ketersediaan media?


Allah.
Allah.
Allah.
Tidak ada yang lain. Kalau Allah tidak berkehendak menggerakkan sesuatu untuk membantu kelancaran kuliah kita, tidak akan ada yang bisa bergerak. Kita harus percaya ini. Kenapa harus percaya? Kalau kita muslim, kita harus percaya. Rasionalitasnya? Sudah lah, tidak usah pakai rasionalitas jika ujung-ujungnya cuman berniat menertawakan Islam, merendahkan Islam, meremehkan Islam.

Okelah, kalau minta rasionalitasnya biar semakin mantep.
Coba sekarang ingat-ingat!

Apa yang akan terjadi ketika kita punya duit buat bayar SPP semester kali ini, tapi ternyata Allah mentaqdirkan kita kecelakaan atau opname selama berbulan-bulan?

Apa yang akan terjadi ketika kita sudah separuh jalan menjalani masa kuliah, ternyata seluruh civitas kampus membenci kita dan tidak ada satupun yang mau membantu kita menyelesaikan urusan kuliah padahal kita tidak punya salah tapi kita punya dosa yang membuat Allah murka?

Apa yang akan terjadi ketika kita sudah mau tugas akhir atau skripsi tapi Allah menjadi dosen pembimbing dan dosen penguji kita sangat mempersulit kita?

Banyak sekali sebetulnya hal-hal yang tidak terduga bisa terjadi dan mengganggu kuliah kita lantaran Allah tidak meridhai dan memberi pertolongan kepada kita. Dengan demikian, yang kita kejar dan menjadi fokus aksentuasi perhatian kita semestinya bukan kesehatan, keuangan keamanan, kenyamanan dan lain sebagainya tapi pertolongan Allah.

Baca uraian saya tentang kekuatan doa.

Kita tertuntut untuk mengais pertolongan Allah agar Allah berkenan mensukseskan kuliah kita. Salah satu caranya adalah dengan berdoa, memohon kepada Allah agar melancarkan kuliah kita. Rasulullah sudah mengajarkan beberapa doa kaitannya dengan kelancaran urusan kita selama kuliah.
الجامع الصغير وزيادته (ص: 2165، بترقيم الشاملة آليا)
2165 - اللَّهُمَّ إنِّي أعُوذُ بِكَ مِنَ العَجْزِ والكَسَلِ والجُبْنِ والبُخْلِ والهَرَمِ والقَسْوَةِ والغَفْلَةِ والعَيْلَةِ والذِّلَّةِ والمَسْكَنَةِ وأعُوذُ بِكَ مِنَ الفَقْرِ والكُفْرِ والفُسُوقِ والشِّقاقِ والنِّفاقِ والسُّمْعَةِ والرِّياءِ وأعُوذُ بِكَ مِنَ الصمم والبكم والجنون والجذام والبرص وسيء الأسقام

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari lemah, malas, penakut, bakhil, pikun, kerasnya qalbu, mudah lupa/lalai, kekurangan, hina dan kemiskinan. Dan aku berlindung kepadaMu dari kefaqiran, kekufuran, kefasiqan, pertikaian, sum’ah, riya`. Dan aku berlindung kepadaMu dari tuli, bisu, gila, kanker, lepra, dan penyakit-penyakit akut lainnya.” [Al-Mustadrak Al-Hakim. Al-Jami’ Ash-Shaghir no. 2165]

الجامع الصغير وزيادته (ص: 2166، بترقيم الشاملة آليا)
2166 - اللَّهُمَّ إنِّي أعُوذُ بِكَ مِنَ العَجْزِ والكَسَلِ والجُبْنِ والبُخْلِ والهَرَمِ وعَذابِ القَبْرِ وَفِتْنَةِ الدَّجَّالِ اللَّهُمَّ آتِ نَفْسِي تَقْواها وَزكِّها أنْتَ خَيْرُ مَنْ زَكَّاها أنْتَ وَلِيُّها ومَوْلاها اللَّهُمَّ إنِّي أعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ ومِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ ومِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ ومن دعوة لا يستجاب لها

“Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari lemah, malas, penakut, bakhil, pikun, dan adzab qubur dan fitnah dajjal. Ya Allah berikan ketaqwaan pada diriku dan bersihkanlah, Engkau sebaik-baik pembersih diriku, Engkau penguasa dan pengurusnya. Ya Allah aku berlindung kepadamu dari ilmu yang tidak bermanfaat, qalbu yang tidak khusyu’, jiwa yang tidak pernah kenyang, dan doa yang tidak dikabulkan.” [Shahih Muslim dan Sunan An-Nasa`i. Al-Jami’ Ash-Shaghir no. 2166]

Masih banyak doa-doa dari Al-Qur`an dan As-Sunnah yang cocok buat kita-kita yang ingin lancar kuliahnya dan bagus nilainya. Dengan doa-doa yang diajarkan Allah secara langsung melalui Al-Qur`an ataupun oleh Nabi melalui hadits-hadits beliau, doa-doa kita lebih manjur soalnya doa-doa tersebut berasal dari Allah dan kita panjatkan kepada Allah. 



>>> Kunjungi sby-corporation.blogspot.com, dapatkan info bisnis dengan keuntungan tiga kali lipat, insya Allah!



Ikuti channel telegram.me/manajemenqalbu
Gabung Grup Whatsapp Islamia 082140888638
Follow brillyelrasheed561.wordpress.com
Gabung facebook.com/groups/grupislamia
Klik juga quantumfiqih.wordpress.com
Bersosial entrepreneurship di www.sbycorporation.com

Dapatkan buku-buku Islami inspiratif-motivatif-kontemplatif karya Brilly El-Rasheed, S.Pd.: (1) Golden Manners Rp 60.000,-; (2) Mendekat Kepada Allah Rp 38.000,-; (3) Kutunggu di Telaga Rp 40.000,-; (4) Quantum Iman Rp 62.000,-; (5) Benteng Umat Islam Rp 42.000,-; (6) Maksiat dalam Taubat Rp 39.000,-; (7) Titisan Ahli Surga Rp 35.000,-; (8) Menepi dari Dunia Rp 55.000,-; (9) Jangan Rp 44.000,-; melalui kontak masing-masing penerbit atau melalui Brilly Online Bookstore (BOOST) di 08155241991.

Mobil Indonesia, Honda HRV, Honda Brio, Honda Mobilio, Honda Jazz, Honda City, Honda Civic, Honda Freed, Honda CRV, Honda Accord, Honda Odyssey, Honda CRZ, Honda BRV, Suzuki APV, Suzuki Ertiga, Suzuki Grand Vitara, Suzuki Karimun, Suzuki Swift, Suzuki Spalsh, Suzuki SX4, Toyota Camry, Toyota Vios, Toyota Corolla Altis, Toyota Prius, Toyota Yaris, Toyota Etios Valco, Toyota Agya, Toyota NAV, Toyota Alphard, Toyota Kijang Innova, Toyota Avanza, Toyota Avanza Veloz, Toyota Fortuner, Toyota Land Cruiser, Toyota Rush, Toyota RAV4, Toyota Dyna, Toyota Hiace, Toyota Hilux,
Perusahaan Otomotif Indonesia, Astra, Daihatsu, Isuzu, Suzuki, Mitsubishi, Honda, Yamaha, Piaggio, Toyota, Hino, Hyundai, Nissan, AMT, Kawasaki, Aspira, Vespa, Trucks, Chevrolet, Ford, Proton, Peugeot, Kia, Krama Yudha Tiga Berlian, Honda, Gaya,
Perusahaan Motor Indonesia, Helroad, Kanzen, Viar, Astra Honda, Yamaha, Suzuki, Kaisar, Kawasaki, Minerva, Cleveland, Piaggio, Triumph, BMW, Hero, Vespa, Viva, TVS, Harley Davidson, Happy, Gazgas, Betrix, Bajaj, Benelli, KTM, Ducati, Kymco Benson, Jialing, Dayang, Agusta MV, Hyosung, Husqvarna,

Perguruan Tinggi Islam Negeri, Universitas Islam Madinah, Universitas Islam Indonesia, Universitas Al-Azhar Kairo, Universitas Al-Azhar Indonesia, Universitas Paramadina, Universitas Islam Sultan Agung, Universitas Muhammadiyah, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Sains Al-Qur`an, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Universitas Islam Negeri Alauddin, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Universitas Islam Negeri Walisongo, IAIN Ambon, IAIN Antasari, IAIN Bengkulu, IAIN Datokarama, IAIN Imam Bonjol, IAIN Mataram, IAIN Padangsidempuan, IAIN Palopo, IAIN Pontianak, IAIN Purwokerto, IAIN Raden Intan, IAIN Salatiga, IAIN Samarinda, IAIN Sultan Amai, IAIN Sultan Maulana Hasanuddin, IAIN Sultan Thaha Saifuddin, IAIN Surakarta, IAIN Syekh Nurjati, IAIN Ternate, IAIN Tulungagung, IAIN Bukittinggi, IAIN Jember, IAIN Sultan Qaimuddin, IAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, IAIN Palangkaraya, Institut Ilmu Al-Qur`an, STAIN Al-Fatah, STAIN Batusangkar, STAIN Curup, STAIN Gajah Putih, STAIN Jurai Siwo, STAIN Kediri, STAIN Kerinci, STAIN Kudus, STAIN Malikussaleh, STAIN Manado, STAIN Pamekasan, STAIN Parepare, STAIN Pekalongan, STAIN Ponorogo, STAIN Sorong, STAIN Syekh Abdurrahman Sidik, STAIN Syekh M. Djamil Djambek, STAIN Watampone, STAIN Meulaboh Aceh Barat.

Tags: Ormas Islam Induk di Indonesia, Jami’ah Khairiyah, Al-Irsyad Al-Islamiyah, Masyumi, Syarikat Islam Indonesia, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Persatuan Islam PERSIS, Nahdlatul Wathan, Pelajar Islam Indonesia PII, Lembaga Dakwah Islam Indonesia LDII, Jam’iyah Al-Washliyah, Rabithah ‘Alawiyah, Front Pembela Islam FPI, Hizbut Tahrir Indonesia HTI, Mathla’ul Anwar MA, Jam’iyah Al-Ittihadiyah, Hidayatullah, Al-Wahdah Al-Islamiyah, Majelis Tafsir Al-Quran MTA, Harakah Sunniyah Untuk Masyarakat Islami HASMI, Persatuan Tarbiyah Islamiyah PERTI, Persatuan Ummat Islam PUI,  Shiddiqiyah, Wahidiyah. 

Tags: Tarekat Mu’tabarah, ‘Umariyyah, Naqsyabandiyyah, Qodiriyyah, Syadziliyyah, Rifa’iyyah, Ahmadiyyah, Dasuqiyyah, Akbariyyah, Chistiyyah, Maulawiyyah, Kubrawardiyyah, Khalwatiyyah, Jalwatiyyah, Bakdasyiyyah, Ghuzaliyyah, Rumiyyah, Sa’diyyah, Justiyyah, Sya’baniyyah, Kalsyaniyyah, Hamzawiyyah, Bairumiyyah,. ‘Usysyaqiyyah, Bakriyyah, ‘Idrusiyyah, 'Utsmaniyyah, ‘Alawiyyah, ‘Abbasiyyah, Zainiyyah, ‘Isawiyyah, Buhuriyyah, Haddadiyyah, Ghaibiyyah, Khalidiyyah, Syaththariyyah, Bayuniyyah, Malamiyyah, ‘Uwaisiyyah, ‘Idrisiyyah, Akabiral Auliya`, Matbuliyyah, Sunbuliyyah, Tijaniyyah, Samaniyyah, Suhrawardiyyah, Syadziliyyah, Qadiriyyah, Naqsyabandiyyah



Simak syarah kitab Al-Jami' Ash-Shaghir dari H. Brilly El-Rasheed, S.Pd. 


Related

Quantum Fiqih 2578455836691663467

Posting Komentar

Komentar Anda sangat berharga bagi kami. Jika Anda mendukung gerakan kami, sampaikan dengan penuh motivasi. Jangan lupa, doakan kami agar istiqamah beramal dan berdakwah. Klik juga www.quantumfiqih.com dan goldenmanners.blogspot.co.id

emo-but-icon

Hot in week

Random Post

Blog Archive

Cari Blog Ini

Translate

Total Tayangan Halaman

Our Visitors

Flag Counter

Brilly Quote 1

Brilly Quote 2

Brilly Quote 3

item