Manuskrip




Manuskrip memiliki kedudukan yang sangat vital dalam Islam. Direktur Urusan Makhthuthat dalam Kementrian Urusan Makhthuthar dan Pengetahuan, Oman, Asy-Syaikh Hamud bin ‘Abdullah menyebutkan, manuskrip adalah bukti atas eksistensi pengetahuan sebuah umat dan dalil atas sebuah peradaban.
Ketua Divisi Kajian Manuskrip di Universitas ‘Umar bin ‘Abdul ‘Aziz, Arab Saudi, Asy-Syaikh ‘Abdul ‘Aziz Ar-Rajihi berpendapat, menjaga manuskrip hukumnya fardhu kifayah, jika tidak ada yang melakukan, maka seluruh umat Islam berdosa. Menurut beliau, kitab-kitab yang sudah dicetak saat ini, amat sedikit jumlahnya jika dibandingkan dengan jumlah manuskrip sebenarnya yang tersimpan di perpustakaan-perpustakaan di seantero dunia, baik yang dikelola oleh muslim sendiri maupun oleh nonmuslim.
Doktor Hisam ‘Afanah dari Universitas Al-Quds mengamini pernyataan ini. Beliau sendiri telah melakukan pendataan jumlah manuskrip, hasilnya ada 262.000.000 jilid. Namun jumlah hasil pendataan ini bukan angka yang pasti sebab belakangan tersiar kabar bahwa jumlahnya jauh melambung.
Perhitungan secara asal-asalan saja menolak kalau jumlah manuskrip milik peradaban Islam hanya itu. Ibnu Jarir Ath-Thabari menulis hingga 350.000 lembar sepanjang hayatnya, atau rata-rata 35 lembar perhari. Ibnu Taimiyyah menulis 300 buku dalam 500 jilid. Ibnu Suraij menulis 400 buku. ‘Abdul Malik bin Hubaib menulis 1000 buku. Ibnu Al-Jauzi menulis 20.000 jilid buku, Ibnu Al-Jauzi sendiri telah menkhatamkan sejumlah 200.000 jilid buku.

Dari sini, andai manuskrip Islam pindah ke tangan umat agama lain, lantas dengan apa umat Islam akan mengklaim pernah berada di puncak peradaban gemilang?
Maka kita perlu menjaga hak cipta kita dan juga menjaga agar buku-buku Islam tidak diambil alih oleh nonmuslim.

Posting Komentar

Komentar Anda sangat berharga bagi kami. Jika Anda mendukung gerakan kami, sampaikan dengan penuh motivasi. Jangan lupa, doakan kami agar istiqamah beramal dan berdakwah. Klik juga www.quantumfiqih.com dan goldenmanners.blogspot.co.id

emo-but-icon

Hot in week

Random Post

Blog Archive

Cari Blog Ini

Translate

Total Tayangan Halaman

Our Visitors

Flag Counter

Brilly Quote 1

Brilly Quote 2

Brilly Quote 3

item