Biar Hidup Bertabur Cahaya

Oleh Brilly El Rasheed

Telah disebutkan oleh Allah di dalam Al-Quran :
"....pada hari ketika Allah tidak menghinakan Nabi dan orang-orang mukmin yang bersama dia, sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka mengatakan: "Ya Rabb kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu."

(Q.S At-Tahrim ayat 8)


Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda:

  بشر المشائين في الظلم إلى المساجد بالنور التام يوم القيامة
“Berikanlah kabar gembira kepada orang2 yang berjalan menuju mesjid pada malam gelap gulita, bahwa bagi mereka cahaya yang sempurna pada hari kiamat kelak.”
(Sunan Abu Dawud 1/209 no.561)
Boleh jadi cahaya tersebut juga Allah berikan kepada kita di dunia ini sebagaimana hal ini pernah terjadi di masa Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam.
Al-Bukhari rahimahullah meriwayatkan dari Anas bin Malik radhiyallaahu 'anhu beliau berkata :
 أَنَّ رَجُلَيْنِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَرَجَا مِنْ عِنْدِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي لَيْلَةٍ مُظْلِمَةٍ وَمَعَهُمَا مِثْلُ الْمِصْبَاحَيْنِ يُضِيئَانِ بَيْنَ أَيْدِيهِمَا فَلَمَّا افْتَرَقَا صَارَ مَعَ كُلِّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا وَاحِدٌ حَتَّى أَتَى أَهْلَهُ 

"Dua orang laki2 diantara sahabat2 Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam  keluar dari sisi Nabi pada suatu malam yang gelap gulita dan bersama keduanya terdapat sesuatu seperti lampu yang menerangi di hadapan mereka. Saat keduanya berpisah, maka tiap seorang dari keduanya ditemani dengan satu cahaya sehingga sampai ke keluarga mereka masing2.”

(Shahih al-Bukhari)


Al-Hafizh ibnu Rajab rahimahullah mengatakan :
أن المشي إلى المساجد والرجوع منها في الليالي المظلمة ثوابه النور من الله عز وجل ، وذلك يظهر في الآخرة عيانا ، وأما في الدنيا فقد يستكن النور في القلوب ، وقد يظهر أحيانا كرامة لمن أراد الله كرامته
"Berjalan menuju masjid dan kemudian keluar darinya di malam yang gelap, maka akan ditetapkan untuknya cahaya dari Allah 'Azza wa Jalla. Cahaya ini akan terlihat di akhirat nanti. Adapun di dunia, maka terkadang ia diberikan pula cahaya di hatinya, dan terkadang pula cahaya itu terlihat oleh mata sebagai karamah bagi orang2 yang dikehendaki oleh Allah."
(Fathul-Bari 2/543-544)


Related

Hadits 4774215503685181064

Posting Komentar

Komentar Anda sangat berharga bagi kami. Jika Anda mendukung gerakan kami, sampaikan dengan penuh motivasi. Jangan lupa, doakan kami agar istiqamah beramal dan berdakwah. Klik juga www.quantumfiqih.com dan goldenmanners.blogspot.co.id

emo-but-icon

Hot in week

Random Post

Cari Blog Ini

Translate

Total Tayangan Halaman

Our Visitors

Flag Counter

Brilly Quote 1

Brilly Quote 2

Brilly Quote 3

item