Konsultasi Syariah Mimpi Adalah Pertanda



 *Mimpi Adalah Pertanda* 
_Pertanyaan_
Assalamualaikum
 Mau bertanya tentang sebuah mimpi dan ketindihan ketindihan disaat tidur dalam Islam.
1⃣ 1. Apakah suatu *mimpi baik/buruk merupakan suatu pertanda* ? Misal orang mimpi gigi copot, pertanda ada keluarga meninggal? Hal ini dialami oleh sodara saya yang beragama kristen sebanyak 3 kali. Dia yang bermimpi gigi copot, dan
tak lama sodaranya benar ada yang meninggal.
2⃣ 2. Apakah orang yang sedang tidur dan terus mengigau (yang katanya ketindihan) itu benar2 ketindihan jin/mahluk halus?
3⃣ 3. Berdosakah apabila sebagai muslim mempercayai bahwa mimpi adalah sebuah pertanda? Dan langsung kepikiran hal hal negatif?
Mohon pencerahannya beserta dasar dan dalilnya...
Terima Kasih..
 Ditanyakan oleh Ibu *Nindri Salote* pada _8 April 2016_
_Jawaban_
Wa’alaikumussalam.
 Betul sekali. Mimpi baik maupun mimpi buruk adalah pertanda yang diberikan Allah Al-Hafizh kepada manusia guna memberikan keselamatan dan penjagaan kepada manusia. Namun *hanya manusia yang beriman kepada-Nya saja yang bisa dipastikan mimpinya adalah sebuah kebenaran.* Adapun jika ada seseorang yang beragama selain Islam mengalami sebuah mimpi yang kemudian hari menjadi kenyataan, maka sesungguhnya hal tersebut _bukanlah penjagaan dari Allah, melainkan penyadaran_ agar ia memikirkan mimpinya lalu masuk Islam.
 Ada tiga ayat menarik tentang mimpi. Allah Al-Karim berfirman, _“(Dan Ya’qub berkata kepada Yusuf), “Dan demikian Tuhanmu memilih kamu (untuk menjadi Nabi) dan diajarkan-Nya kepadamu sebagian dari ta’bir mimpi-mimpi…”_ *[QS. Yusuf: 6]* Allah Al-‘Aziz juga berfirman tujuan diajarkan ta’bir mimpi kepada Yusuf yaitu untuk memuliakan, _”Dan demikian pulalah Kami memberikan kedudukan yang baik kepada Yusuf di muka bumi (Mesir) dan agar Kami ajarkan kepadanya ta’bir mimpi.”_ *[QS. Yusuf:  21]* Allah Al-Majid pun berfirman mengisahkan kesyukuran Nabi Yusuf, _“Wahai Rabb, sesungguhnya Engkau telah menganugerahkan kepadaku sebagian kerajaan dan telah mengajarkan kepadaku sebagian ta’bir mimpi.”_ *[QS. Yusuf: 101]*
☪ Nabi kita bersabda,
إِذَا اقْتَرَبَ الزَّمَانُ لَمْ تَكَدْ رُؤْيَا الْمُسْلِمِ تَكْذِبُ وَأَصْدَقُكُمْ رُؤْيَا أَصْدَقُكُمْ حَدِيثًا وَرُؤْيَا الْمُسْلِمِ جُزْءٌ مِنْ خَمْسٍ وَأَرْبَعِينَ جُزْءًا مِنْ النُّبُوَّةِ وَالرُّؤْيَا ثَلَاثَةٌ فَرُؤْيَا الصَّالِحَةِ بُشْرَى مِنْ اللَّهِ وَرُؤْيَا تَحْزِينٌ مِنْ الشَّيْطَانِ وَرُؤْيَا مِمَّا يُحَدِّثُ الْمَرْءُ نَفْسَهُ فَإِنْ رَأَى أَحَدُكُمْ مَا يَكْرَهُ فَلْيَقُمْ فَلْيُصَلِّ وَلَا يُحَدِّثْ بِهَا النَّاسَ
_“Apabila zaman sudah saling berderkatan (Qiyamah sudah dekat-pnrj), maka *jarang sekali mimpi seorang muslim yang tidak benar*. Dan orang yang paling benar mimpinya diantara kalian adalah yang paling benar ucapannya. Mimpi seorang muslim adalah sebagian dari 45 macam nubuwwah (wahyu). Mimpi itu ada tiga macam: (1) Mimpi yang baik sebagai kabar gembira dari Allah. (2) mimpi yang menakutkan atau menyedihkan, datangnya dari syaithan. (3) dan mimpi yang timbul karena ilusi angan-angan, atau khayal seseorang. Karena itu, jika kamu bermimpi yang tidak kamu senangi, bangunlah, kemudian shalatlah, dan jangan menceritakannya kepada orang lain.”_ *[Shahih Muslim]*
 Al-Qurthubi menguraikan, “Penyebab kebingungan orang-orang tidak beragama terkait masalah mimpi adalah lantaran mereka menyimpang dari jalan lurus pada nabi. Kami katakan, _mimpi adalah refleksi (pantulan) dari aktivitas jiwa._ Ketika kita tidak memahami jiwa, jelas sekali, kita tidak akan dapat memahami refleksi-refleksinya.” Al-Qadhi Abu Bakar bin Al-‘Arabi menyatakan, “_Mimpi-mimpi adalah pantulan-pantulan yang Allah tanamkan ke dalam qalbu seseorang baik melalui malaikat atau syaithan._ Mimpi-mimpi menghadirkan sesuatu baik itu secara eksplisit ataupun implisit, atau *campuran yang tidak punya makna sama sekali*. Dengan demikian, mimpi-mimpi menyerupai pemikiran-pemikiran yang berlangsung saat terjaga, yang mungkin sekali diorganisir, sebagaimana dalam sebuah cerita atau dipendarkan dalam fragmen-fragmen.” Al-Maziri menuturkan, “Allah menciptakan pantulan-pantulan (mimpi) ini sebagai _indikator tentang hal-hal yang hendak Dia ciptakan atau yang telah Dia ciptakan_.” *[Fat-h Al-Bari 12/442]*
 Saya rasa penjelasan ini sudah sangat jelas. Selengkapnya baca tulisan saya di http://thaybah.id/2014/04/tabirtafsir-mimpi/ Lebih lengkap tentang ta'bir/takwil/tafsir mimpi, silakan baca tulisan saya lainnya di http://www.arrefahiyah.com/akhbar-kajian/29-hikmah/124-tafsir-mimpi-kian-tak-diminati.html
 Jawaban untuk pertanyaan kedua. Tindihan atau sleep paralysis atau kelumpuhan tidur bisa terjadi pada siapa saja dan diklaim bahwa semua orang pernah mengalaminya sekali atau dua kali. Dan sleep paralysis tidaklah berbahaya secara mutlak. Kita perlu tahu bahwa ketika tidur aktifitas otak mengalami dua hal berbeda, yang disebut tidur aktif atau REM (rapid eye movement) dan tidur non-REM.
 Non-REM selama tidur akan menghasilkan gerakan, seperti berbicara dalam tidur atau berjalan ketika tidur. Sedangkan REM adalah fase tidur yang dalam dan bisa terjadi mimpisleep paralysis terjadi Ketika otak mendadak terbangun dari tahap REM tapi tubuh belum siap. Kita sadar tetapi tubuh belum bisa bergerak ditambah juga halusinasi bsa jadi karena mimpi dan faktor lainnya.
 Jangan khawatir sleep paralysis hanya terjadi sekitar 2-3 menit. Setelah itu otak dan tubuh akan aktif dan terhubung kembali. Sampai sekarang penyebab pastisleep paralysis belum diketahui. Diduga sebabnya adalah kebiasaan tidur menghadap ke atas, pola tidur tak tentu (kurang tidur), stress, dan perubahan mendadak pada lingkungan atau lifestyle.
☎ Namun saya ingin berpesan jika kita sedang mengalami sleep paralysis sejatinya adalah latihan atau simulasi sakaratul maut, sebab berdasarkan fakta empiris, banyak kabar di kampung-kampung yang saya dengar cerita orang-orang yang awalnya mengalami sleep paralysis lalu kemudian ajal menjemput. Bukan mustahil, sebab kematian bisa terjadi dengan sebab yang remeh sekalipun.
 Maka, *bangkitkan kesadaran bahwa maut kapan saja bisa menjemput, sehingga ketika kita mengalami sleep paralysis, maka segeralah sadari bahwa Anda mungkin saja sedang menuju kematian*, dan seketika itu pula kita harus segera mengingat Allah dengan penuh kekhawatiran jangan-jangan memang betul akan mati. Sebutlah nama-nama Allah dengan harapan bisa mati husnul khatimah. Kalau ternyata sleep paralysis benar-benar pintu kematian kita, maka kita akan betul-betul menyesal luar biasa jika kita tidak mengingat dan menyebut Allah saat mengalami sleep paralysis.
 Apakah sleep paralysis adalah gangguan jin jahat yang menindih tubuh manusia? Mungkin saja. Saya tidak berani memastikan, namun probabilitasnya sangat besar. Jin jahat melakukan apa saja termasuk menindih jasad manusia demi memastikan manusia untuk melupakan Allah hingga manusia mati.
 Jawaban untuk pertanyaan ketiga sudah bisa Ibu Nindri simpulkan sendiri tentunya. Jelas _sangat tidak berdosa bahkan berpahala jika memercayai mimpi sebagai pertanda_, bukan termasuk tathayyur maupun tahayyul. Jika mimpi buruk lalu langsung terpikir hal-hal yang tidak diinginkan, maka itu manusiawi dan sesungguhnya diakui oleh Nabi Muhammad sebagaimana dalam hadits di atas. Coba baca ulang! Namun jika mengalami mimpi buruk maka _jangan stop pada berpikir hal-hal yang tidak diinginkan_, tapi segeralah ingat Allah, berlindunglah kepada Allah dari syaithan dan hal-hal yang buruk yang mungkin akan atau sedang terjadi, lalu dirikan shalat, dan jangan sekali-kali ceritakan kepada orang lain kecuali kepada ulama yang memang ahli tafsir mimpi. Jangan ceritakan kepada keluarga ataupun kawan dekat sebab akan membuka peluang lebih besar terjadinya mimpi buruk yang Anda alami.
⭐ Demikian jawaban saya. Semoga kita selalu dilindungi oleh Allah As-Salam dari mimpi buruk dan gangguan jin jahat serta hal-hal buruk. Jangan lupa  share jawaban ini biar banyak orang tidak salah paham soal mimpi!
 Bantu doa saya agar mata saya sehat, laptop, smartphone dan pulsa internet saya awet sehingga saya bisa selalu menjawab konsultasi syariah semacam ini. Doakan juga ayah ibu saya selalu sejahtera dan sehat. Doakan putra saya agar menjadi ulama professor fiqih yang kaya raya.
 Dijawab oleh *H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.*
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
 Layangkan pertanyaan seputar agama Islam via surel *ustadzjibril@gmail.com* dengan menyebutkan nama dan kota asal.
 Bergabunglah di grup whatsapp Islamia dengan mendaftarkan nama dan kota asal ke whatsapp *082140888638*
 Kunjungi *quantumfiqih.blogspot.com* buat ngaji lebih banyak.
 Join bisnis dan pelatihan makanan ringan krupuk kedelai, nugget sayur ikan  laut, bakso  ikan, dan lain-lain di *sbycorporation.wordpress.com*
 Desain dan cetak majalah, buku, kitab & leaflet klik *desainmajalahislami.blogspot.com*
 Ingin berdonasi komputer bekas dan dana tunai salurkan melalui *komunitasmushalla.blogspot.com*
 Pasang iklan atau cari info sekolah Islam unggulan di *islamicboardingschool.wordpress.com*


Related

Aqidah 2261597791346640618

Posting Komentar

Komentar Anda sangat berharga bagi kami. Jika Anda mendukung gerakan kami, sampaikan dengan penuh motivasi. Jangan lupa, doakan kami agar istiqamah beramal dan berdakwah. Klik juga www.quantumfiqih.com dan goldenmanners.blogspot.co.id

emo-but-icon

Hot in week

Random Post

Cari Blog Ini

Translate

Total Tayangan Halaman

Our Visitors

Flag Counter

Brilly Quote 1

Brilly Quote 2

Brilly Quote 3

item