Konsultasi Syariah Qurban Di Saudi, Daging Dikirim Ke Indonesia



數數數數數數數數數數數數數數
​​​​​​ ​​​​​​​​​​
​​ ​​​​​ ​​​​
​​​​​​ ​​​​​​​
​​ ​​​​​​​​​
數數數數數數數數數數數數數數
#⃣ #broadcastquantumfiqih
No.: KS/7/VIII/QUFI
Topik: 1⃣ _Konsultasi Syariah_
Rubrik: _quantumfiqihibadah_
​​​​​​
Konsultasi Syariah *228 - Qurban Disembelih Di Tanah Suci, Daging Dikirim Ke Indonesia*
_Pertanyaan_
 Hukum berqurban yang dimana hewan qurban disembelih di negara lain.
Pengorban di saudi di senbelih dan di bagi di indonesia ?
 Ditanyakan oleh Bapak *Helmy* (0838-3199-9286) pada _14 Agustus 2018)
_Jawaban_
 Syaikh Prof. Dr. Wahbah Az-Zuhaili menguraikan,
 Al-Hanafiyyah berkata, *makruh hukumnya mengirim hewan sembelihan keluar negara, kecuali jika mengirimkan kepada kerabatnya, atau kepada sekelompok komunitas orang yang sangat membutuhkan* dibanding orang yang tinggal di negara itu, walau  tidak bisa tidak dan harus dikirim ke negara lain, hal ini tetap diperbolehkan dan mendapatakan pahala meskipun makruh hukumnya.
 Al-Malikiyyah berpendapat, tidak boleh mengirimkannya ke daerah yang melebihi batas diperbolehkannya mengqashar shalat, melainkan *jika penduduk daerah tersebut sangat membutuhkan* dari pada penduduk daerah atau negara orang yang berkurban, maka wajib mengirimkan hewan kurban ke daerah atau negara yang membutuhkan tersebut lebih banyak, dan menyisakan sedikit bagi penduduk negara atau daerah yang berkurban.
 Al-Hanabilah dan Asy-Syafi’iyyah berpendapat sama dengan pendapat Al Malikiyyah, bahwa diperbolehkan mengirimkannya ke negara atau daerah yang jaraknya kurang dari jarak diperbolehkannya mengqashar shalat, dari negara yang terdapat harta atau hewan kurban, dan *diharamkan mengirimkan binatang sembelihan sebagaimana zakat, ke negara yang jaraknya sepadan dengan jarak diperbolehkannya mengqashar shalat* atau melampaui batas tersebut..”. *[Al-Fiqh Al-Islami wa Adillatuh 4/282]*

 Syaikh Prof. Dr. 'Abdullah Al-Jibrin dan Syaikh Prof. Dr. Nashir Al-'Umar juga memilih pendapat boleh, sah, tanpa makruh,  berqurban di daerah selain domisili pequrban, dengan syarat orang2 di daerah tersebut lebih membutuhkan. Baik berqurban di daerah domisili lalu dagingnya di kirim ke daerah lain, atau hewan qurban hidup2 dikirim ke daerah lain baru disembelih di situ, atau kirim/transfer uang seharga hewan qurban kepada wakil di daerah lain lalu dibelikan dan disembelihkan. Semuanya boleh.
 Namun, jangan lupa, ada afdhaliyah, bahwa sebaiknya penyembelihan dilakukan sendiri, atau diwakilkan dengan disaksikan sendiri, dan ikut memakan daging qurban sebagian.
 Allah Al-Karim hanya mewajibkan membagi daging hewan qurban untuk orang faqir-miskin dan yang meminta-minta. Dan Nabi meneladankan untuk memakan sendiri sebagian, menyedekahkan sebagian, menghadiahkan sebagian. *Jadi tidak ada dalil khusus harus berqurban di daerah domisili.*
 Kesimpulannya boleh orang Saudi berqurban di Indonesia, orang Indonesia berqurban di Saudi, orang Jawa berqurban di Lombok, orang Madura berqurban di Amerika dan seterusnya, disembeluh di daerah pequrban maupun di daerah lain, dengan ketentuan di *daerah lain tersebut lebih banyak orang yang membutuhkan daging qurban untuk konsumsi*.
 Dijawab oleh
*H. BRILLY EL-RASHEED, S.PD.*
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
 Follow Instagram *@PejuangShalatSunnah*
 Follow Channel Telegram *@manajemenqalbu*
 Total donasi tahap 1 dan 2 *Rp 8.710.000,-* sudah disalurkan pada _22 Juli 2018_ untuk pembangunan *Mushalla Al-Istiqamah* dan operasional ​​​​​​. Jazakumullah khairan. Allah Asy-Syakur akan berikan ganti yang berlipat-lipat berupa harta, kesehatan, kebahagiaan, keamanan, kedudukan dan lain sebagainya.
 Dibuka kembali kesempatan berdonasi untuk Mushalla Al-Istiqamah edisi #3. *Hingga 14 Agustus 2018 baru terkumpul Rp 2.090.000,-.*
1⃣ Hj. Iis Lamongan Rp 90.000,-
2⃣ Sri Suharti Jakarta Rp 100.000,-
3⃣ Amalia Sidoarjo Rp 100.000,-
4⃣ H. Yulianto Lamongan upah tukang dan peralatan dan bahan2 sesuai kebutuhan
5⃣ Herliantini Surabaya Rp 1.100.000.-
6⃣ Ibunda dari Ibu Herliantini Rp 500.000,-
7⃣ Ummu Ja'far Brebes Rp 200.000,-
8⃣ *Anda berikutnya...*
⚠ Alhamdulillah sejak 5 Mei 2018, setiap broadcast ​​​​​​ diterima lebih dari 1⃣5⃣0⃣0⃣0⃣ orang.  Alhamdulillah hingga 24 Juli 2018, sudah dipublish hampir 2⃣3⃣0⃣ broadcast, 5⃣ e-paper, dan 4⃣ e-flyer serta 2⃣ e-book.
 Layangkan pertanyaan seputar agama Islam via surel *ustadzjibril@gmail.com* dengan menyebutkan nama dan kota asal.
 Daftarkan diri mendapatkan broadcast whatsapp QUANTUMFIQIH ​​​​​​ di *+62 857-3590-8108* dengan menyebutkan nama dan kota asal.
⚠ Jangan lupa simpan nomor ini dengan nama *BROADCAST QUANTUM FIQIH* agar bisa mendapatkan broadcast whatsapp dan tidak terlewat. Karena jika nomor ini tidak disave di daftar kontak di smartphone Anda, maka akan tidak bisa mendapatkan broadcast.

Related

Ibadah 4270063269086596067

Posting Komentar

Komentar Anda sangat berharga bagi kami. Jika Anda mendukung gerakan kami, sampaikan dengan penuh motivasi. Jangan lupa, doakan kami agar istiqamah beramal dan berdakwah. Klik juga www.quantumfiqih.com dan goldenmanners.blogspot.co.id

emo-but-icon

Hot in week

Random Post

Cari Blog Ini

Translate

Total Tayangan Halaman

Our Visitors

Flag Counter

Brilly Quote 1

Brilly Quote 2

Brilly Quote 3

item