Pentingnya Menangis Karena Allah



Oleh Brilly El-Rasheed


Generasi nabi sebelum Nabi Muhammad saja tatkala mendengar lantunan Al-Qur`an akan menyungkur sujud sembari menangis karena khusyu’ kepada Allah (QS. Al-Isra`: 107-109). Karena mereka telah mengetahui kebenaran Al-Qur`an melalui kitab suci yang mereka baca dan dapatan dari nabi-nabi mereka.
Bisa menangis karena alunan syahdu ayat-ayat Al-Qur`an merupakan keistimewaan dari Allah (QS. Maryam: 58). Allah sangat mencintai hamba-Nya yang mudah menangis karena khasy-yah, yaitu takut kepada-Nya atau yang mau berupaya untuk menangis bagi-Nya (Shahih At-Tirmidzi: 1363) Menangis setelah mengingat Allah dalam kesendirian bersama-Nya, itulah salah satu jalan mendapatkan naungan dari Allah pada hari qiyamah yang saat itu tidak ada naungan selain naungan-Nya (HR. Al-Bukhari: 660; Muslim: 1031).
Tangisan yang bukan buatan atau pura-pura, melainkan yang berasal dari rasa takut mendalam kepada Allah (QS. Az-Zumar: 23). Al-Munawi dalam Faidh Al-Qadir (5/365) menafsirkannya sebagai takut akan ‘adzab Allah yang pedih. Orang yang menangis karena takut kepada Allah dijamin oleh Allah dan Rasul-Nya tidak akan mungkin masuk ke dalam neraka, sebagaimana ketidakmungkinan air susu kembali ke kantong kelenjar susu binatang ternak (Shahih At-Tirmidzi: 1333; Shahih An-Nasa`i: 2911).
Mata yang ringan untuk menangis karena takut kepada Allah tidak akan pernah disentuh oleh siksa neraka (Shahih At-Tirmidzi: 1338). Tidak sekedar mudah menangis karena takut kepada Allah, tapi juga dipersyaratkan pengejawantahan rasa takut tersebut dalam amal konkret, misalnya berjaga di perbatasan daerah muslim ketika perang berkecamuk (Shahih At-Tirmidzi: 1338) dan menjaga untuk tetap dalam pelukan Islam serta menjaga diri dari kekufuran (Shahih At-Targhib, At-Targhib fi Al-Buka`)



>> Reposted from http://www.arrefahiyah.or.id/berlinanglah-air-mata-khasy-yah/


>> Dukung dakwah Islamiyyah kami baik dengan comment, doa bi zhohril ghoib, dan financial.
 
>> Dapatkan majalah Islam gratis di http://www.scribd.com/doc/231911257/Brilly-Webmagz-Oktober-2014


.:Keywords:.

Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogyakarta, DKI Jakarta, Bali, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Sumatera Utara, Lampung, Banten, Sulawesi Selatan, Kalimantan Barat, Riau, Sumatera Selatan, Pontianak, Surabaya, Jakarta, Pekanbaru, Malang, Palembang, Medan, Dumai, Bandung, Yogyakarta, Kediri, Semarang, Yogyakarta, Denpasar, Bandung, Kediri, Semarang, Depok, Denpasar, Makassar, Majalah Islam, Majalah Dakwah, Majalah Pendidikan, Majalah Donatur, Majalah Gratis, Majalah Download, Majalah Digital, Majalah Cetak.      



Related

Ibadah 2398157661543600457

Posting Komentar

Komentar Anda sangat berharga bagi kami. Jika Anda mendukung gerakan kami, sampaikan dengan penuh motivasi. Jangan lupa, doakan kami agar istiqamah beramal dan berdakwah. Klik juga www.quantumfiqih.com dan goldenmanners.blogspot.co.id

emo-but-icon

Hot in week

Random Post

Cari Blog Ini

Translate

Total Tayangan Halaman

Our Visitors

Flag Counter

Brilly Quote 1

Brilly Quote 2

Brilly Quote 3

item