Baterai Tahan 20 Tahun Kini Telah Hadir



Bisa dikatakan, generasi peradaban masa kini lebih rakus terhadap listrik daripada terhadap makanan. Betapa, hampir seluruh peralatan hidup mereka membutuhkan pasokan listrik. Peralatan yang mobile membutuhkan baterai sebagai penyedia daya listrik.
Baterai tidak bisa bertahan lama. Jika dulu baterai hanya sekali pakai, semenjak industri telepon genggam berkembang pesat, baterai bisa diisi ulang bak parfum. Baterai telepon genggam yang bisa diisi ulang pun kini sudah ketinggalan zaman karena smartphone sangat boros listrik.
Alhamdulillah, umat Islam diuntungkan dengan keberadaan saintis-teknolog Jepang yang berhasil menemukan baterai sekali charge bertahan selama 20 tahun. Akan sangat menggembirakan sebetulnya jika yang menemukan adalah orang muslim, mengingat Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam pernah menginspirasi kita semua,
مَنْ اسْتَطَاعَ مِنْكُمْ أَنْ يَنْفَعَ أَخَاهُ فَلْيَفْعَلْ
“Barangsiapa mampu memberikan manfaat kepada saudaranya, maka hendaklah dia lakukan.” [HR Muslim, no. 2199].
Berikut lansirannya.


TOKYO (Arrahmah.com) – Kebutuhan baterai yang mampu bertahan sangat lama untuk perangkat multimedia yang kian canggih sangat dibutuhkan di era saat ini, dan nampaknya itu akan segera terpenuhi dalam waktu dekat.
Sebuah perusahaan di Jepang tengah mengembangkan sebuah baterai jenis Lithium yang mampu bertahan hingga 20 tahun lamanya, walaupun digunakan untuk keadaan seekstrim apapun. Perusahaan pengembangan dan riset bernama Eamex ini mengklaim akan menciptakan baterai dengan daya tahan 10 ribu kali dicash, yang mampu bertahan sangat lama.
Dilansir melalui blog Kicking Tires, serta dikutip News Now, Selasa (9/2), para peneliti di Eamex ini telah berhasil menggunakan beberapa teknik seperti proses stabilisasi dari elektroda baterai. Hal ini menempatkan tekanan yang pada timah pada baterai berkurang, sehingga membuat ikatan yang baik dengan partikel untuk memperlambat proses kerusakan.
Proses tersebutlah yang membuat baterai jenis litihum tersebut akan awet, bahkan hingga 20 tahun lamanya. Para peneliti tersebut menjanjikan baterai yang mereka buat mampu menghasilkan baterai yang berlangsung daya tahannya hingga 10 kali lebih lama daripada baterai terbaru.
Sayangnya teknologi Eamex dirancang untuk baterai yang melakukan tugas-tugas berat, seperti yang digunakan dalam mobil listrik. Tetapi bukan tidak mungkin dapat digunakan untuk hal-hal yang lebih kecil seperti ponsel, laptop dan MP3 player. (okz/arrahmah.com)

>> Mampir ya ke quantumfiqih.com untuk mengunduh majalah digital Islam gratis.

Baterai Fast Charging yang Tahan Sampai 20 Tahun
By Bayu Setiawan on October 14, 2014
Dunia teknologi smartphone semakin maju saja, semakin kaya akan fitur dan keunggulannya. Namun semua itu harus didukung daya yang cukup baik, baru baru ini muncul teknologi baterai fast charging.
Jawaban datang dari Nanyang Technological University Singapura. Tim peneliti pimpinan Profesor Chen Xiaodong berhasil menciptakan baterai yang tak hanya bisa diisi ulang dalam waktu sangat singkat, namun sepuluh kali lebih awet dari teknologi biasa. Jika dengan penggunaan standar, baterai di smartphone Anda akan bertahan selama 500 kali charging atau sekitar dua tiga tahun, maka teknologi baru NTA ini menyajikan 20 tahun pemakaian.
Bagaimana mereka melakukannya? Untuk bagian anoda atau kutub negatif, produsen umumnya menggunakan grafit – bahan serupa pada pensil. Di rancangan mereka, tim NTU mengganti grafit dengan gel titanium dioksida. Walau namanya terdengar asing, titanium dioksida sering digunakan sebagai zat tambahan makanan serta krim tabir surya karena mampu menyerap sinar berbahaya.
Titanium dioksida banyak ditemukan di tanah, murah dan aman. Para ilmuwan Singapura menempatkannya dalam tabung super-kecil – seribu kali lebih tipis dari rambut manusia, dimaksudkan agar mempercepat reaksi kimia dan memungkinkan baterai dapat di-charge tanpa memakan waktu berjam-jam. Hanya butuh dua menit untuk mengisi 70 persen tenaga baterai. Hebat bukan?
Baterai lithium-ion biasa membutuhkan zat-zat tambahan untuk mengikat elektroda di anoda. Hal tersebut mempengaruhi kecepatan transfer keluar-masuk ion dan elektron dari baterai. Tapi perpaduan antara rancangan elektroda titanium dioksida di tabung ‘nanotube‘ menyingkirkan kebutuhan akan bahan aditif serta mampu menyalurkan lebih banyak tenaga dalam ukuran ruang sama.
Ternyata membuatnya juga tidak sulit. Titanium dioksida dicampur bersama sodium hidroksida kemudian diaduk di suhu tertentu. Teknik ini akan memudahkan produsen mengintegrasi gel jenis baru dengan proses produksi yang mereka usung. Dari sisi bisnis, baterai garapan Nanyang Technological University menyimpan potensi sangat besar, karena pasar baterai di tahun 2016 diproyeksikan mencapai nilai US$ 23,4 miliar.
Walaupun pemanfaatan baterai lithium-ion semakin meluas, Profesor Chen berpendapat bahwa masih banyak ruang untuk peningkatan. Salah satu area paling esensial adalah ‘kepadatan’ tenaga yang berkaitan langsung dengan kemampuan fast-charging. Teknologi tersebut juga diharapkan menjadi solusi sumber tenaga mobil elektrik, karena idealnya, paling tidak mobil listrik dapat diisi penuh dalam waktu 15 menit.
Sumber : media.ntu.edu.sg Via Trenologi

>> Jangan lupa ngaji online di cafeilmubrilly.blogspot.com dan majalahtauhidullah.blogspot.com!


Ikuti channel telegram.me/manajemenqalbu
Gabung Grup Whatsapp Islamia 082140888638
Follow brillyelrasheed561.wordpress.com
Gabung facebook.com/groups/grupislamia
Bersosial entrepreneurship di sbycorporation.wordpress.com

Dapatkan buku-buku Islami inspiratif-motivatif-kontemplatif karya Brilly El-Rasheed, S.Pd.: (1) Golden Manners Rp 60.000,-; (2) Mendekat Kepada Allah Rp 38.000,-; (3) Kutunggu di Telaga Rp 40.000,-; (4) Quantum Iman Rp 62.000,-; (5) Benteng Umat Islam Rp 42.000,-; (6) Maksiat dalam Taubat Rp 39.000,-; (7) Titisan Ahli Surga Rp 35.000,-; (8) Menepi dari Dunia Rp 55.000,-; (9) Jangan Rp 44.000,-; melalui kontak masing-masing penerbit atau melalui Brilly Online Bookstore (BOOST) di 08155241992.




Mobil Indonesia, Honda HRV, Honda Brio, Honda Mobilio, Honda Jazz, Honda City, Honda Civic, Honda Freed, Honda CRV, Honda Accord, Honda Odyssey, Honda CRZ, Honda BRV, Suzuki APV, Suzuki Ertiga, Suzuki Grand Vitara, Suzuki Karimun, Suzuki Swift, Suzuki Spalsh, Suzuki SX4, Toyota Camry, Toyota Vios, Toyota Corolla Altis, Toyota Prius, Toyota Yaris, Toyota Etios Valco, Toyota Agya, Toyota NAV, Toyota Alphard, Toyota Kijang Innova, Toyota Avanza, Toyota Avanza Veloz, Toyota Fortuner, Toyota Land Cruiser, Toyota Rush, Toyota RAV4, Toyota Dyna, Toyota Hiace, Toyota Hilux,
Perusahaan Otomotif Indonesia, Astra, Daihatsu, Isuzu, Suzuki, Mitsubishi, Honda, Yamaha, Piaggio, Toyota, Hino, Hyundai, Nissan, AMT, Kawasaki, Aspira, Vespa, Trucks, Chevrolet, Ford, Proton, Peugeot, Kia, Krama Yudha Tiga Berlian, Honda, Gaya,
Perusahaan Motor Indonesia, Helroad, Kanzen, Viar, Astra Honda, Yamaha, Suzuki, Kaisar, Kawasaki, Minerva, Cleveland, Piaggio, Triumph, BMW, Hero, Vespa, Viva, TVS, Harley Davidson, Happy, Gazgas, Betrix, Bajaj, Benelli, KTM, Ducati, Kymco Benson, Jialing, Dayang, Agusta MV, Hyosung, Husqvarna, 

Related

Bisnis 8586972561100079628

Posting Komentar

Komentar Anda sangat berharga bagi kami. Jika Anda mendukung gerakan kami, sampaikan dengan penuh motivasi. Jangan lupa, doakan kami agar istiqamah beramal dan berdakwah. Klik juga www.quantumfiqih.com dan goldenmanners.blogspot.co.id

emo-but-icon

Hot in week

Random Post

Blog Archive

Cari Blog Ini

Translate

Total Tayangan Halaman

Our Visitors

Flag Counter

Brilly Quote 1

Brilly Quote 2

Brilly Quote 3

item