Al-Aladd Al-Khashim, Siapa Dia? Seperti Apa Ciri-Cirinya?



Betapa kita ingin termasuk orang-orang yang terpandang dan terhormat di mata manusia akan tetapi mengapa kita sering abai dengan derajat kita di sisi Allah? Salah satunya adalah derajat al-aladd al-khashim. Semakin sering kita berkilah untuk bisa bebas dari ketentuan syariah, semakin meningkat derajat al-aladd al-khashim kita.
Dari Aisyah, Rasul bersabda,
إِنَّ أَبْغَضَ الرِّجَالِ إِلَى اللهِ الأَلَدُّ الْخَصِمُ.
“Sesungguhnya orang yang paling dibenci oleh Allah adalah orang yang paling cerdik berkilah.” [Shahih Al-Bukhari no. 2457, 4523, 7188; Shahih Muslim no. 6951; Sunan At-Tirmidzi no. 3242; Sunan An-Nasa`i no. 5440]
Mengenai Al-Aladd Al-Khashim ini banyak sekali ulama yang tertarik mengurai maknanya yang seringkali dikaitkan dengan konteks hadits. Ibnu Hajar (Fat-h Al-Bari 1/183) mengartikannya sebagai orang yang permusuhannya terhadap sesuatu itu abadi atau dalam bahasa kita seperti istilah bermusuhan sampai tujuh turunan. Ibnu Baththal (Syarh Shahih Al-Bukhari 8/259) mengartikannya sebagai orang yang menyia-nyiakan hak-hak segala sesuatu yang punya hak, menunda pemenuhan hak tersebut, dan juga berbuat zhalim.
Penjelasan menarik disampaikan oleh An-Nawawi (Al-Minhaj 9/24), “Setiap kali orang itu (yakni al-aladd al-khashim) disampaikan kepadanya hujjah-hujjah kebenaran, maka dia mencari “jalan” lain (yakni mengelak)... Jadi yang tercela adalah bermusuhan secara bathil agar bisa mengelak dari kebenaran, atau dalam rangka mengokohkan kebathilan.”

Baca artikel lengkap di majalah Ar-Risalah No. 142 (April 2013)!

Baca juga Manfaat Kalimat Syukur


Related

Akhlaq 4771066754242758511

Posting Komentar

Komentar Anda sangat berharga bagi kami. Jika Anda mendukung gerakan kami, sampaikan dengan penuh motivasi. Jangan lupa, doakan kami agar istiqamah beramal dan berdakwah. Klik juga www.quantumfiqih.com dan goldenmanners.blogspot.co.id

emo-but-icon

Hot in week

Random Post

Blog Archive

Cari Blog Ini

Translate

Total Tayangan Halaman

Our Visitors

Flag Counter

Brilly Quote 1

Brilly Quote 2

Brilly Quote 3

item