Praktek Syar'i yang Sudah Tidak Islami




Oleh Brilly El-Rasheed, S.Pd.



Sampai kapanpun dan bagaimanapun juga, syari’at selamanya suci. Perjumpaan dengan humanitas menjadikan syari’at kerap tidak lagi syar’i. Pelbagai karakter manusia, setting tempat, relativitas zaman kerap menampilkan syari’at tidak lagi seindah aslinya.
Belum lekang ingatan kita bagaimana generasi jahiliyyah mempraktekkan syari’at Nabi Ibrahim hingga Nabi ‘Isa namun tidak lagi syar’i. Syari’at-syari’at yang dibawa para nabi tidak lagi dipraktekkan sebagaimana mestinya, melainkan sudah dimodifikasi dengan balutan logika dan rasionalitas yang sudah tidak waras.
Mereka mempraktekkan syari’at haji di Ka’bah namun Ka’bah telah dipenuhi 360 lebih replika energi immaterial yang mereka elu-elukan sebagai sama-sama punya kuasa sebagaimana Allah Ta’ala.




Mereka mempraktekkan syari’at doa kepada Allah tapi mereka tidak puas kalau berdoa hanya kepada Allah sehingga mereka juga berdoa kepada selain Allah, baik yang ada di hadapannya atau nun jauh di sana.
Gaya-gaya jahiliyyah mempraktekkan syari’at tersebut ternyata kembali dipopulerkan sebagian orang dari umat yang kata Nabi dijamin penuh dengan rahmat. Hal ini tidak selalu berkonsekuensi umat ini adalah umat neojahiliyyah ataupun jahiliyyah modern.
Shalat. Sebagian orang mempraktekkan syari’at shalat namun shalatnya tidak lagi sebagaimana shalatnya Rasulullah baik kaifiyyahnya (tata caranya), bacaan-bacaannya, jenis-jenisnya (shalat ini dan itu). Bahkan kekhusyu’an pun sudah dinodai dengan nilai-nilai agama lain, seperti kekhusyu’an disamakan sebagai buah dari meditasi sehingga shalat adalah meditasi dan selanjutnya kaifiyyah shalat persis meditasi, tidak ada gerakan lisan, tidak ada suara lisan, diam membisu, mata selalu terpejam, dan lain sebagainya.
Itu baru contoh shalat. Apakah Anda juga merasakan ada praktek-praktek syar'i yang sudah tidak Islami, seperti dalam hal mu'amalah, jilbab, jihad, tilawah Al-Qur`an, haji dan umrah, puasa, zakat dan shadaqah serta infaq? 


Related

Motivasi 1626486893246810603

Posting Komentar

Komentar Anda sangat berharga bagi kami. Jika Anda mendukung gerakan kami, sampaikan dengan penuh motivasi. Jangan lupa, doakan kami agar istiqamah beramal dan berdakwah. Klik juga www.quantumfiqih.com dan goldenmanners.blogspot.co.id

emo-but-icon

Hot in week

Random Post

Blog Archive

Cari Blog Ini

Translate

Total Tayangan Halaman

Our Visitors

Flag Counter

Brilly Quote 1

Brilly Quote 2

Brilly Quote 3

item