Taqdir Kejam, Adakah?



Kadang orang menyebut ada taqdir buruk ada taqdir baik. Anda termasuk orang yang seperti itu? Benarkah Islam mengakui bahwa taqdir bisa baik dan bisa buruk?
Dari Tsauban, Nabi Muhammad berkata,
لا يزيد في العمر إلا البر ولا يرد القدر إلا الدعاء وإن الرجل ليحرم الرزق بخطيئة يعملها
"Tidak ada yang menambah umur kecuali kebaikan dan tidak ada yang menolak taqdir kecuali doa. Dan sesungguhnya seseorang diharamkan mendapatkan rizqinya karena dosa yang dia lakukan." [Hasan: Sunan Ibnu Majah no. 87; Al-Mustadrak 1/493]


Kebaikan bisa mengubah taqdir sebagaimana keburukan juga bisa mengubah taqdir. Doa dan dosa sama-sama mengubah taqdir.
Kita tadi sudah sepakat bahwa kita dibolehkan mengubah taqdir yang buruk agar menjadi taqdir yang baik. Tidak termasuk tindakan mengubah taqdir yang diperkenankan adalah mencaci Allah, menyalahkan Allah, melaknat Allah, dan lain sebagainya. Ketika kita ditaqdirkan buruk oleh Allah, biasanya kita tergelitik untuk secepat mungkin mengumpat. Siapa yang diumpat? Allah.

Hujan datang, padahal kita sedang tidak butuh hujan, biasanya kita mengumpat hujan padahal yang menurunkan hujan adalah Allah yang itu sama artinya mengumpat Allah atas taqdirNya menurunkan hujan.
Kemiskinan datang, padahal kita sedang butuh banyak uang, biasanya kita mengumpat kemiskinan padahal yang mentaqdirkan kemiskinan adalah Allah yang itu sama artinya mengumpat Allah atas taqdirNya menghadirkan kemiskinan.
Mengumpat Allah dan mencela taqdirNya adalah tindakan salah besar! Maka sekali lagi taqdir itu relatif menurut manusia tapi taqdir itu selamanya dan semuanya baik menurut Allah bagi manusia. 




Ngaji juga di www.quantumfiqih.com dan quantumfiqih.wordpress.com.

Tags: Tarekat Mu’tabarah, ‘Umariyyah, Naqsyabandiyyah, Qodiriyyah, Syadziliyyah, Rifa’iyyah, Ahmadiyyah, Dasuqiyyah, Akbariyyah, Chistiyyah, Maulawiyyah, Kubrawardiyyah, Khalwatiyyah, Jalwatiyyah, Bakdasyiyyah, Ghuzaliyyah, Rumiyyah, Sa’diyyah, Justiyyah, Sya’baniyyah, Kalsyaniyyah, Hamzawiyyah, Bairumiyyah,. ‘Usysyaqiyyah, Bakriyyah, ‘Idrusiyyah, 'Utsmaniyyah, ‘Alawiyyah, ‘Abbasiyyah, Zainiyyah, ‘Isawiyyah, Buhuriyyah, Haddadiyyah, Ghaibiyyah, Khalidiyyah, Syaththariyyah, Bayuniyyah, Malamiyyah, ‘Uwaisiyyah, ‘Idrisiyyah, Akabiral Auliya`, Matbuliyyah, Sunbuliyyah, Tijaniyyah, Samaniyyah, Suhrawardiyyah, Syadziliyyah, Qadiriyyah, Naqsyabandiyyah

Related

Aqidah 829973056343766654

Posting Komentar

Komentar Anda sangat berharga bagi kami. Jika Anda mendukung gerakan kami, sampaikan dengan penuh motivasi. Jangan lupa, doakan kami agar istiqamah beramal dan berdakwah. Klik juga www.quantumfiqih.com dan goldenmanners.blogspot.co.id

emo-but-icon

Hot in week

Random Post

Blog Archive

Cari Blog Ini

Translate

Total Tayangan Halaman

Our Visitors

Flag Counter

Brilly Quote 1

Brilly Quote 2

Brilly Quote 3

item