Taufiq (Taushiyah Fiqhiyyah) Idul Fithri 1435




Kita sangat diuntungkan dg kehadiran para pejuang keamanan negara sehingga sekarang kita tinggal menikmati kemerdekaan beribadah. Sementara saudara2 qt di suriah, mesir, palestina, dsb harus menghadapi kekejaman terorisme Zionis Yahudi sehingga tidak sempat menikmati kemerdekaan beribadah seperti kita. 31  Juli 2014 17.35 WIB.

Gajah mati meninggalkan gading. Kita mati harusnya meninggalkan harta dan ilmu untuk anak cucu kita. Kesalahan terbesar kita adalah hanya mencukupi kebutuhan makan, sekolah dan hiburan anak cucu kita, tapi tidak peduli mereka sudah hafal berapa hadits, sudah khatam Al Quran berapa kali, sudah paham ilmu agama Islam seberapa banyak, sudah mengaji kitab apa aja, dsb. 31  Juli 2014 17.32 WIB.
Status ini dikomentari oleh https://www.facebook.com/elmanazl.gambuskudus, Tidak ada dalil dari manapun tentang meninggalkan harta kpd anak.namun memintarkan anak lewat madrasah atau ta'lim di ma'had hukumnya wajib.
Sy jawab, silakan rujuk tafsir ayat walyaskhsyal-ladzina dst.


Kemarin habis ziyaroh ke beberapa tokoh agama di kampung, semuanya pada mengeluhkan tingkah polah generasi muda yg semakin jauh dari agama Islam, tak terkecuali generasi tua yg males ke masjid dan males menasehati putra-putrinya. 29 Juli 2014 17.13 WIB.

Nyaman rasanya bisa ngobrol2 sama kakek2 nenek2 ayah-ibu, banyak kearifan yg bisa saya pelajari, di hari raya fithri ini. Salah satunya bahwa dalam hidup bermasyarakat itu harus saling bergantian dalam tolong-menolong, harus punya malu (sungkan), harus menjaga iman, harus baik sama orang tua., harus hati2 terhadap perubahan zaman. 29 Juli 2014 17.06 WIB.

Tren ke depan, dan sekarang sudah mencuat, satu perusahaan media punya beberapa situs berita sehingga punya banyak space iklan dan punya banyak income. Dampaknya, jumlah data online membludak. Sebuah situs berita dapat mengunggah data perhari puluhan hingga ratusan mega byte. 29 Juli 2014 08.46 WIB.

Begitupun jihad sangat penting, birrul walidain juga sangat penting, sama halnya tholabul 'ilmi, begitupun shalat, tak jauh beda dengan dzikir. Hanya saja, kita punya fiqhul aulawiyat. 29 Juli 2014 00.11 WIB.

Alloh tuh Mahabaik loh, Ramadhan cuman satu bulan. Kerennya banyak diantara kita berharap Ramadhan 12 bulan. Serius? Berani banget nantangin Ramadhan 12 bulan? Sebaiknya, yg kita harepin adalah spirit Ramadhannya. 28 Juli 2014 00.08 WIB.

Di desa ane, ada 2 kubu warga, ormas A sama ormas B. Saat ormas A minta sumbangan ke warga ormas B, ditolak mateng2 (bukan mentah2). Saat ormas B minta sumbangan ke warga ormas A, dikabulkan mentah2. Kata ormas B, ormas A adalah kontraproduktif bagi Islam. Realitasnya, sama2 kontraproduktif, kadarnya aja yg beda. Semoga kita tidak menjadi barang pecah belah hanya gara2 beda ormas, saling menasehati aja lah. 28 Juli 2014 00.05 WIB.

Sy memandang cara terbaik dlm pendistribusian zakat untuk zaman ini adalah mengundang faqir miskin mustahiq untuk mengambil sendiri zakat fithri, bukan tinggal terima di rumahnya saja, biar mereka punya kesadaran beragama. Pengalaman tadi, nyalurin zakat fithri, eh banyak tuh yg kurang mampu malah jauh sama agama, dikasih zakat fihtri cuma nyengir, dg tatapan mata gimana gitu. Coba kalo mereka disuruh ngambil jatah mereka sendiri ke masjid, mereka kan jadi 'bau' masjid. Kiranya pengalaman ini bisa didiseminasikan di tempat sobat2 sekalian. 27 Juli 2014 23.58 WIB.

Bebepa hari lalu sy membuat status di salah satu grup bahwa kita, umat Islam, akan jaya dan berkuasa jika yakin Islam satu2nya yg unggul dan tidak ada yg menggungguli. Dibilang, status sy itu mirip klaim Yahudi sbg umat unggul. Padahal Nabi bilang tuh, al Islamu ya'lu wa la yu'la 'alaih. 27 Juli 2014 23.53 WIB.

Tradisi maaf2an di daerah ane sudah tidak efektif. Yg bermusuhan masih aja bermusuhan. Paling banter, pas hari raya mereka bisa menyunggingkan senyum, tapi sebatas seremonial, biar ngga saru bin wagu aja, dalam hati musuh ya tetep musuh, kesalahan yg dulu tidak bisa terhapus hanya dg tradisi maaf2an. Ane jd inget, taghoyyurul ahkam bi taghoyyuril amkinati wal azminati. 27 Juli 2014 23.51 WIB.

Kawan semua, mohon doanya bisa lanjut studi S2 Ilmu Komunikasi UNAIR, sy melihat ilmu komunikasi sangat penting dlm menjaga stabilitas dakwah Islam, via online maupun offline, via media maupun via realitas nyata. Iklim dakwah selalu saja dikotori berbagai kepentingan oleh beragam pihak. 27 Juli 2014 23.48 WIB.

BACKUP FACEBOOK BRILLY 02082014

 
Ngaji juga ya di www.quantumfiqih.com dan quantumfiqih.wordpress.com.




Tags: Ormas Islam Induk di Indonesia, Jami’ah Khairiyah, Al-Irsyad Al-Islamiyah, Masyumi, Syarikat Islam Indonesia, Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, Persatuan Islam PERSIS, Nahdlatul Wathan, Pelajar Islam Indonesia PII, Lembaga Dakwah Islam Indonesia LDII, Jam’iyah Al-Washliyah, Rabithah ‘Alawiyah, Front Pembela Islam FPI, Hizbut Tahrir Indonesia HTI, Mathla’ul Anwar MA, Jam’iyah Al-Ittihadiyah, Hidayatullah, Al-Wahdah Al-Islamiyah, Majelis Tafsir Al-Quran MTA, Harakah Sunniyah Untuk Masyarakat Islami HASMI, Persatuan Tarbiyah Islamiyah PERTI, Persatuan Ummat Islam PUI,  Shiddiqiyah, Wahidiyah. 

Related

Tazkiyatun Nafs 2683971527709011203

Posting Komentar

Komentar Anda sangat berharga bagi kami. Jika Anda mendukung gerakan kami, sampaikan dengan penuh motivasi. Jangan lupa, doakan kami agar istiqamah beramal dan berdakwah. Klik juga www.quantumfiqih.com dan goldenmanners.blogspot.co.id

emo-but-icon

Hot in week

Random Post

Blog Archive

Cari Blog Ini

Translate

Total Tayangan Halaman

Our Visitors

Flag Counter

Brilly Quote 1

Brilly Quote 2

Brilly Quote 3

item